ATOME: Beli Sekarang, Bayar Nanti. Pilihan untuk milenial, masa kini.

29 January 2021- Dimasa pandemic Covid-19 menciptakan banyak peluang bisnis baru dimana saja dan kapan saja. Peluang potensi bisnis online di marketplace sedang naik daun dikalangan Gen Z dan milenial yang menawarkan sistem pembayaran beli sekarang, bayar nanti. Nah perusahaan Atome https://atome.id/ menawarkan opsi pembayaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan hanya membutuhkan gadget dan jaringan internet. Solusi dari pembayaran paylater ialah konsumen dapat membeli produk dengan system beli sekarang bayar nanti.

Mengingat kasus pandemi Covid-19 yang semakin bertambah konsumen beralih online shopping dan dengan opsi paylater https://atome.id/ memberi konsumen fleksibilitas untuk mengelola cash flow mereka dengan lebih baik dengan menawarkan pilihan untuk membayar dengan mencicil di tempat penjualan. Bagi pedagang, kemampuan menawarkan cicilan saat pembayaran secara langsung dapat memengaruhi perilaku pembelian konsumen yang mengarah pada peningkatan pembelian, mengurangi add to cart, dan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi. Perusahaan paylater https://atome.id/  mendapat keuntungan dari konsumen yang dapat membayar tagihan mereka secara tepat waktu.

Dengan system pembayaran yang lebih mudah kaum milenial berpindah dengan menggunakan paylater, https://atome.id/ berpendapat pembayaran paylater https://atome.id/  lebih terkelola dibanding model berbasis kredit dan bunga. System pembayaran paylater https://atome.id/ menawarkan, tagihan kepada customer dengan pilihan yang lebih mudah dikelola oleh konsumen maupun perusahaan pembayaran sebelum membeli, menjadikan konsumen merasa terlibat dalam keputusan cashflow mereka sendiri. Dengan semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, konsumen dan pedagang menginginkan dan membutuhkan alternatif pembayaran yang lebih transparan, adil dan fleksibel daripada kartu kredit. Maka hadirlah solusi bagi kaum milenial yang doyan belanja.

Nih dengan slogan own the moment Atome https://atome.id menawarkan 3x cicilan ringan dengan bunga 0% tanpa DP dan biaya admin. Lalu how Atome works? Atome adalah brand penyedia layanan beli buy now pay later terkemuka di Asia. Diluncurkan pada Desember 2019 di Singapura Atome memasuki pasar Indonesia pada pertengahan 2020, Atome merupakan singkatan dari “Available to Me”. Di Singapura, Atome bermitra dengan lebih dari 1.500 retailer online dan offline terkemuka di bidang fashion, kecantikan, gaya hidup, kebugaran, dan peralatan rumah tangga. Atome juga menyediakan layanan di Singapura, Malaysia, Indonesia, China hingga Hong Kong. Brand Atome adalah bagian dari Advance Intelligence Group, sebuah perusahaan big data dan AI Seri C yang berkantor pusat di Singapura, yang baru-baru ini masuk dalam Daftar Top Startups 2020 LinkedIn di Singapura.

Kenapa harus menggunakan Atome? Atome mempunyai tiga brand pillars aspiration, acces dan advice yang bertujuan untuk mendukung dan mewujudkan passion customer dengan berkomitmen menyediakan layanan yang terjangkau dan berkualitas. Tagline Atome , “Time to Own It” menitikberatkan pada konsep utama dari waktu. Atome sebagai penyedia jasa pinjaman online juga dapat dimanfaatkan untuk memulai bisnis dan memulai usaha atau bisa saja memanfaatkan untuk pinjaman dengan bunga yang rendah semasa berbelanja.

Atome bekerjasama dengan merchant partner JD.ID, Bag’s City, Foom, Kasual hingga iStyle.id. Dengan fitur-fitur unggulan

  • Basket size lebih besar dan system cicilan memudahkan customer untuk checkout dan memilah belanjaan.
  • 70% customer Atome adalah Gen Z yang melek digital sehingga memudahkan anda merangkul customer milenial.
  • Proses aplikasi yang mudah dan cepat
  • Memastikan validitas, keamanan, dan kredibilitas

Jadi tunggu apalagi? Pandemi bukan alasan untuk tidak memulai bisnis baru dengan pengalaman yang baru. Klik https://atome.id/ sekarang juga.

Kemudahan Layanan Rapid Test Antigen Covid-19, Lion Air Group Menjangkau Balikpapan

B A L I K P A P A N – 27 Januari 2021. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group mengumumkan penambahan untuk fasilitas pelaksanaan uji kesehatan (Rapid Test ANTIGEN Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)), di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Layanan berlaku efektif hari ini (27/ 01).

Lion Air Group bekerjasama dengan fasilitas kesehatan (faskes) setempat sebagai penyediaan layanan Rapid Test Covid-19. Penumpang dapat melakukan uji kesehatan di:

Rumah Sakit TK IV Lanud Dhomber

Jalan Mulawarman RT 31 Kelurahan Sepinggan Raya,  Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76116

Waktu pelayanan:

  • Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00 WITA
  • Sabtu pukul 08.00 – 12.00 WITA
  • Minggu dan libur nasional – tutup (tidak melayani)

Ketentuan pelaksanaan Rapid Test ANTIGEN Covid-19, sebagai berikut:

  1. Khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group,
  2. Voucher Rapid Test ANTIGEN Covid-19 dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket),
  3. Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan Rapid Test Covid-19, maka dapat membeli voucher Rapid Test Covid-19 dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group,  www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.

Penyelenggaraan Rapid Test ANTIGEN Covid-19 tetap berjalan menurut ketentuan protokol kesehatan, tarif terjangkau (terpisah dari harga tiket pesawat udara), dengan masa berlaku sebagaimana ketentuan atau aturan yang sudah ditetapkan. Setiap penumpang akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan sebagai salah satu kelengkapan dokumen penerbangan.

Dengan demikian, penumpang akan mendapatkan nilai lebih, efektif dan efisien dengan kehadiran tempat atau lokasi layanan kerjasama Lion Air Group untuk Rapid Test ANTIGEN Covid-19.

Lion Air Group bersama faskes tersebut bertujuan guna menyediakan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara, yang akan bepergian menggunakan pesawat udara melalui keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN) dan bandar udara sekitar.

Di salah satu pintu udara Kaltim ini, Lion Air Group menawarkan pilihan penerbangan yang akan memberikan kesempatan bagi penumpang untuk melanjutkan perjalanan udara secara langsung dan terkoneksi ke Tanjung Selor, Berau, Nunukan, Malinau, Samarinda, Tarakan, Palangkaraya, Banjarmasin, Kotabaru, Batulicin, Ketapang, Jakarta (Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma), Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Tanjung Karang-Lampung, Pangkalpinang, Bandung, Yogyakarta Kulonprogo, Yogyakarta Adisutjipto, Semarang, Solo, Surabaya, Denpasar, Lombok, Labuan Bajo, Kupang, Tambolaka, Rote, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ambon, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Merauke dan kota-kota lainnya.

Harapan terbesar kegiatan dimaksud akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan udara, mendorong tren permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Lion Air Group dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan penerbangan serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Layanan Rapid Test ANTIGEN Covid-19 akan terus dilanjutkan dan dikembangkan di kota-kota dan bandar udara-bandar udara lain. Optimis, akan terus merambah di seluruh wilayah Indonesia.

Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara dapat diperoleh melalui:

  1. Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia;
  2. www.lionair.co.id ; www.batikair.com ;
  3. Aplikasi perangkat smartphone (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut);
  4. Call center 021-6379 8000 dan 0804-177-8899;
  5. Mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA).

 

Pemerintah Gandeng AFTECH Kembangkan Ekonomi Digital Nasional Guna Tingkatkan Daya Saing UMKM

Sebagai wujud nyata dalam mendorong perkembangan ekonomi digital dan digitalisasi UMKM di Indonesia, Pemerintah melalui Kemenko Perekonomian tengah mengembangkan Strategi nasional (Stranas) Ekonomi Digital. Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH) sebagai wadah dari pelaku industri fintech di Indonesia menyambut baik penyusunan Stranas tersebut, sekaligus menandatangani perjanjian kerja sama Pengembangan Ekonomi Digital Nasional melalui Pemanfaatan Layanan Keuangan Digital.

Stranas terdiri atas empat pilar, yaitu (i) talenta digital; (ii) riset dan inovasi; (iii) infrastruktur fisik dan digital; serta (iv) regulasi dan kebijakan yang mendukung. Perjanjian yang ditandatangani Rabu (27/01) ini diharapkan akan menjadi titik awal dan wujud nyata koordinasi dan sinergi kedua pihak dalam mengembangkan layanan keuangan digital. Selain itu juga diharapkan akan meningkatkan edukasi terkait industri layanan keuangan digital dan teknologi, dalam konteks ekosistem ekonomi digital.

Kerja sama ini sejalan dengan komitmen Pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional. Melalui langkah-langkah strategis dalam digitalisasi layanan keuangan ini, diharapkan mampu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia dan menjadi jembatan menuju perbaikan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui penandatanganan kerja sama ini juga tentu diharapkan dapat berimbas pada digitalisasi serta peningkatan daya saing UMKM lokal,” tutur Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin dalam sambutan pembukanya pada penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut, di Jakarta.

Pada masa pandemi ini, kombinasi risiko penularan Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar  (PSBB) telah mempengaruhi kinerja UMKM, baik dari sisi penawaran maupun permintaan. Menurut Deputi Rudy, masih kurangnya digitalisasi UMKM nasional juga menjadi salah satu faktor yang turut mempengaruhi kinerja UMKM saat ini.

Padahal, lanjut Rudy, mengingat jumlah penduduk yang besar, tingkat kepemilikan smartphone serta penetrasi internet yang tinggi, Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang besar. Potensi ini secara pararel dapat turut mendorong produktivitas UMKM termasuk di masa pandemi ini.

“Perkembangan ekonomi digital memberikan tantangan tersendiri terhadap UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital, baik dalam memasarkan produknya maupun untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Selain itu juga keterbatasan infrastruktur dan tenaga kerja yang kurang terampil masih menjadi kendala bagi perkembangan ekonomi digital nasional,” ujar Deputy Rudy.

Pihaknya menyatakan bahwa salah satu tantangan digitalisasi UMKM di Indonesia adalah rendahnya tingkat literasi digital, literasi keuangan, dan literasi keuangan digital. Hasil Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK) yang digelar OJK menunjukkan tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia di tahun 2019   masih di angka 38,03 persen. Angka ini adalah jauh di bawah negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri digital diharapkan dapat mengatasi tantangan-tantangan di atas serta mendorong perkembangan ekonomi digital serta kinerja UMKM nasional yang lebih baik.

Wakil Ketua Umum AFTECH, Budi Gandasoebrata menjelaskan bahwa memasuki ulang tahunnya yang kelima, AFTECH berkomitmen untuk terus mendukung digitalisasi UMKM melalui inovasi dan teknologi layanan keuangan digital, seperti: pembayaran digital, pinjaman online, aggregator, innovative credit scoring, perencana keuangan, insurtech, e-KYC, dan pembiayaan proyek (project financing).

“AFTECH mendukung program Kemenko Perekonomian RI dalam pengembangan ekonomi digital melalui pemanfaatan layanan serta peningkatan literasi keuangan digital,” ujar Budi.

Budi berharap, digitalisasi yang meningkatkan akses terhadap berbagai layanan keuangan serta korelasi dengan ekosistem ekonomi digital dapat membantu UMKM nasional bertahan dan bertumbuh pada saat ini. Menurutnya, kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi akan signifikan mengingat lebih dari 97 persen tenaga kerja Indonesia dipekerjakan di UMKM dan lebih dari 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dihasilkan dari segmen tersebut.

Dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini, Kemenko Perekonomian dan AFTECH juga menyelenggarakan sesi diskusi panel virtual dengan tema “Peningkatan Adopsi Digital bagi Perkembangan UMKM Nasional: Peran Serta Regulasi dan Standarisasi di Sektor Jasa Keuangan”.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah pembicara antara lain Asisten Deputi Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian Edwin Manansang, Advisor Grup Inovasi Keuangan Digital OJK Widyo Gunadi, Asisten Deputi Pendampingan Usaha, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Fitri Rinaldi, SE., MM., Co-Founder & CEO DANA Vincent Iswara, dan Pemimpin Redaksi Infobank Eko Supriyanto.

Perluas Jangkauan Pasar, Garmin Hadirkan Official Shop di Shopee

Jakarta, 25 Januari 2021 – Garmin, menghadirkan Official Shop pertamanya di ShopeeMall yang terdapat di aplikasi Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Garmin berkomitmen untuk memperluas jangkauan pasar Indonesia agar senantiasa dapat memberikan pengalaman berbelanja online yang optimal melalui Shopee, juga untuk memudahkan masyarakat dalam memiliki produk penunjang gaya hidup produktif yang praktis secara digital.

Garmin Official Shop hadir pertama kali di aplikasi Shopee dengan memberikan berbagai penawaran menarik berupa diskon 36% untuk beberapa produk pilihan dengan penawaran lainnya selama kampanye Shopee 2.2 Men Sale berlangsung.

Rian Krisna, Country Manager Garmin Indonesia mengatakan, “Di masa pandemi saat ini, penting untuk tetap produktif, terutama dalam hal kesehatan. Era serba digital saat ini turut menuntut peran dan fungsi kami sebagai perusahaan produk inovatif untuk senantiasa dapat beradaptasi terhadap berbagai situasi literasi digital saat ini, sehingga kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan penjualan secara online, melalui Official Shop yang pertama kali kami buka di aplikasi Shopee.

Garmin sangat menyambut baik kerja sama dengan Shopee yang tentunya akan terus dikembangkan untuk berbagai inovasi produknya demi kepuasan masyarakat Indonesia pengguna Garmin di Shopee, bahkan kami senantiasa menghadirkan berbagai penawaran menarik, seperti apa yang kami berikan di kampanye Shopee 2.2 Men Sale saat ini.”

Berikut beberapa aktivitas untuk tetap aktif di rumah semasa pandemi, dengan referensi produk penunjang dari Garmin, diantaranya:

Menari. Untuk mendukung aktivitas dinamis ini yang tidak hanya membutuhkan gerakan, tetapi juga musik, Garmin Forerunner 245 Music, merupakan referensi produk jam tangan GPS yang dilengkapi dengan fitur musik terintegrasi, memberikan kebebasan bagi pengguna untuk menikmati lagu-lagu favoritnya bersama-sama dengan melakukan aktivitas menari secara praktis, yang juga didukung oleh penawaran menarik berupa diskon di bawah 35% di aplikasi Shopee.

Angkat Beban (Weightlifting). Mengangkat beban juga bisa menjadi alternatif kegiatan masyarakat agar tetap memiliki gaya hidup aktif semasa pandemi, kapanpun dan dimanapun. Aktivitas ini akan lebih optimal jika didukung oleh jam tangan Garmin Forerunner 245 Slate dengan memiliki fitur yang dapat melihat keseluruhan beban latihan dan mengukur volume latihan dari 7 hari terakhir, serta membandingkannya dengan rentang optimal untuk kebugaran dan riwayat pelatihan pengguna. Produk ini hadir dengan diskon di bawah 35% yang terdapat di Garmin Official Shop Shopee pada kampanye 2.2 Men Sale.

Berlari dan Bersepeda. Berlari dan bersepeda menjadi aktivitas fisik yang sedang digemari, khususnya selama pandemi berlangsung. Garmin Vivomove Style – Moss Green with Silver Hardware dapat mengoptimalkan kebugaran dan kesehatan sepanjang hari dengan fitur-fitur pemantauan, serta fitur GPS terhubung untuk pelacakan aktivitas berlari atau bersepeda lengkap dengan fitur analisis heart rate. Produk penunjang efektif untuk kegiatan lari dan bersepeda ini menghadirkan penawaran menarik berupa diskon sebesar 36% di Garmin Official Shop Shopee.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan, “Olahraga telah menjadi ‘Gaya Jaman Now’, kebiasaan, dan keharusan gaya hidup oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran jika produk penunjang aktivitas berolahraga menjadi salah satu sorot kebutuhan esensial. Kami turut senang dan mengapresiasi kerjasama serta komitmen yang dijalin dengan Garmin Indonesia melalui Official Shop pertamanya yang dihadirkan di aplikasi kami, guna merealisasikan komitmennya untuk memperluas jangkauan pasar Indonesia secara online.

Hadirnya Garmin Indonesia Official Shop di Shopee, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mendapatkan produk Garmin yang diminati agar dapat senantiasa menunjang kegiatan produktifnya secara efektif dan praktis.”

Dalam kemeriahan Shopee 2.2 Men Sale, Garmin Official Shop  menawarkan berbagai penawaran menarik, salah satunya adalah diskon hingga 36% untuk beberapa produk Garmin pilihan yang akan berlangsung pada pada 28 Januari 2021. Selain itu, pengguna juga masih dapat menikmati rangkaian penawaran menarik dari berbagai produk di kategori favorit pria yang dihadirkan pada kampanye Shopee 2.2 Men Sale, antara lain Gratis Ongkir Xtra, COD Gratis Ongkir Rp 0, dan koleksi Flash Sale Rp99. Selain itu, pengguna juga berkesempatan memenangkan PlayStation 5 dan banyak hadiah lainnya melalui Shop & Win PS5 hanya dengan berbelanja selama periode kampanye berlangsung.

Kunjungi Garmin Indonesia Official Shop di Shopee melalui https://shopee.co.id/garminofficialshop. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 2.2 Men Sale, kunjungi https://shopee.co.id/m/men-sale.

Unduh  aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store, dan segera aktifkan ShopeePay.

Tentang Garmin (From www.garmin.co.id)

Garmin didirikan pada tahun 1989, dan saat ini beroperasi di Schaffhausen, Swiss, dengan kantor pusat di Amerika Serikat. Garmin pertama kali berkecimpung dalam industri penerbangan dengan terobosan produk navigasi GPS-nya sejak hampir tiga puluh tahun lalu. Sejak saat itu, jajaran produk Garmin telah diperluas untuk mencakup industri penerbangan, kelautan, dan otomotif. Saat ini, Garmin adalah perusahaan terdepan dalam pasar penerbangan, kelautan, otomotif, outdoor, dan alat kebugaran. Dibangun pada ekosistem produk yang sehat, dan menggabungkan desain yang menarik dan menginspirasi, berkualitas terbaik, dan super handal ke dalam pengalaman pengguna yang luar biasa, Garmin bekerja keras untuk menjadi merek nomor satu bagi para penikmat kehidupan.

Tentang Shopee

Shopee  merupakan  perusahaan  e-commerce  terdepan  di  Asia  Tenggara  dan Taiwan. Shopee merupakan wadah yang secara khusus disesuaikan untuk kebutuhan pasar Asia Tenggara, yang menyediakan pengalaman belanja online yang mudah, aman, dan fleksibel untuk para pelanggan melalui sistem pembayaran dan dukungan sistem logistik yang kuat.

Shopee    berkeinginan    untuk    terus   meningkatkan   kualitas   platform  dan   menjadi   tujuan   pilihan e-commerce  di  kawasan  ini.  Shopee  memiliki  beragam  pilihan  kategori  produk  yang  luas,  mulai  dari elektronik, perlengkapan rumah, perawatan & kesehatan, bayi & anak, fashion, serta perlengkapan olahraga.

Shopee, bagian dari Sea Company, pertama kali diperkenalkan di Singapura pada 2015, dan telah memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Sea merupakan pemimpin di industri hiburan digital, e-commerce, dan keuangan digital di Greater Southeast Asia. Misi Sea adalah  untuk  membuat  kehidupan  yang  lebih  baik  bagi  para  konsumen  dan  juga  usaha  kecil  melalui teknologi. Sea sudah terdaftar di NYSE di bawah simbol SE.

Wisuda Mahasiswa XL Future Leaders CEO XL Axiata Tekankan Perlunya Penguasaan Solusi Digital

Jakarta, 25 Januari 2021. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali mewisuda mahasiswa Program XL Future Leaders (XLFL). Kali ini sebanyak 149 mahasiswa angkatan ketujuh dan 9 mahasiswa dari angkatan sebelumnya dinyatakan telah selesai mengikuti program berdurasi dua tahun tersebut. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, menekankan perlunya para mahasiswa yang juga akan segera membangun karir tersebut untuk beradaptasi dan menguasai berbagai solusi berbasis teknologi digital. Acara wisuda berlangsung secara daring pada Minggu (24/1).

Dian Siswarini mengatakan, “Saat ini kita telah memasuki era serba digital, di mana teknologi digital semakin melekat dalam aktivitas keseharian masyarakat dunia. Karena itu, pengetahuan dan penguasaan atas solusi-solusi berbasis teknologi digital menjadi kompetensi yang harus dimiliki para calon pemimpin di masa depan.”

Dian menambahkan, penguasaan atas solusi digital bagi para mahasiswa XLFL bukan sekadar agar bisa kompetitif di tengah persaingan yang ketat untuk membangun karir di masa depan, namun juga agar mampu menerapkannya dalam mencari solusi atas berbagai hal di sekitarnya, termasuk dalam kehidupan di tengah masyarakat. Artinya, mereka bukan hanya menjadi konsumen teknologi, namun sebaiknya juga mampu memanfaatkan teknologi untuk menjadi solusi agar lebih produktif.

Terkait penguasaan solusi digital, sudah sejak dua tahun terakhir ini, mahasiswa XLFL mendapatkan materi-materi mengenai solusi berbasis teknologi digital sebagai bagian dari materi pembelajaran. Mereka antara lain mendapatkan materi mengenai prinsip-prinsip dasar dari Revolusi Industri 4.0, Internet of Things (IoT), serta pengembangan solusi digital pada dunia bisnis.

Tidak hanya menerima teori, mereka bahkan juga didorong untuk mampu menciptakan solusi IoT sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Hasilnya, kini telah tercipta 18 solusi IoT yang telah memiliki prototipe dan masuki tahap uji coba lapangan. Beberapa di antaranya bahkan sudah siap diadopsi oleh pelaku bisnis.

Para mahasiswa penerima beasiswa XLFL angkatan ketujuh yang diwisuda ini berasal dari 34 kota/kabupaten di berbagai provinsi. Mereka menempuh kuliah di 35 kampus yang juga tersebar di berbagai daerah. Disiplin ilmu mereka juga sangat beragam baik dari sosial maupun eksakta. Secara gender, sebanyak 85 perempuan, dan 74 laki-laki.

Penilaian dalam program XLFL antara lain dilakukan melalui pengamatan terhadap perubahan pada setiap mahasiswa dalam mengeksplorasi, mempelajari, dan merespon kejadian baik di kelas maupun di lingkungan sosial. Selain itu penilaian juga berdasarkan dari kemampuan mereka dalam mengimplementasikan apa yang sudah didapat dari XLFL untuk masyarakat, contohnya berupa 18 solusi IoT yang telah mereka buat dan kembangkan.

Total, sejak angkatan pertama, XLFL telah meluluskan 1.000 mahasiswa. Sebagian besar di antara mereka meniti karir di perusahaan swasta, sebagian lainnya menjadi PNS, membangun bisnis sendiri, melanjutkan bisnis keluarga, dan ada juga yang melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Kerja sama pengembangan IoT

Masih terkait dengan program pengembangan IoT dengan melibatkan mahasiswa, XL Axiata melalui X-Camp kembali menjalin kerja sama dengan delapan perguruan tinggi. Program ini dilaksanakan demi pengembangan ekosistem IoT di Indonesia, mengingat dari tahun ke tahun, permintaan atas solusi IoT untuk berbagai keperluan, termasuk bisnis, juga terus meningkat. X-Camp sendiri merupakan Laboratorium pengembangan IoT milik XL Axiata. Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa bersama para perwakilan kampus melakukan penandatanganan kerja sama secara virtual di acara XL Future Leaders National Conference 2021 di Jakarta pada Minggu (24/1).

Kedelapan kampus yang dimaksud adalah Universitas Syiah Kuala, Politeknik Negeri Bandung, Sekolah Vokasi IPB, Universitas Pertamina, ESQ Business School, Universitas Siliwangi, Universitas Esa Unggul, dan Universitas Pradita. Kerja sama ini akan meliputi antara lain pertukaran pengetahuan dan kapabilitas, pengembangan bersama produk IoT, serta riset.

“X-Camp akan menyediakan Lab IoT sebagai tempat magang, bahkan jika diperlukan akan menyediakan jaringan NbIoT di kampus. Dengan adanya kerja sama, para talenta IoT daerah bisa disalurkan ide-idenya untuk dikembangkan di XL Axiata. Sedang XL Axiata sendiri akan banyak mendapatkan talenta terpilih yang akan mendukung program-progam ke depan,” I Gede menyampaikan.

Kerja sama dengan kalangan kampus ini sekaligus melanjutkan kerja sama serupa yang telah dilakukan dengan Universitas Brawijaya, Malang dan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Program bersama tersebut sejauh ini telah menunjukkan hasil yang cukup positif. Beberapa produk IoT sudah berhasil dibuat dan siap dikembangkan untuk bisa dibawa ke ranah komersial.

Tentang XL Axiata

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember 2014, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015.  XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), dan Ncell (Nepal).

Jakarta Bakal Punya Gedung Tertinggi di Indonesia

Jakrata- PT Putragaya Wahana berencana membangun kawasan perkantoran di Jakarta yaitu Thamrin Nine. Nantinya, kawasan perkantoran itu menyediakan fasilitas bertaraf internasional dengan memiliki gedung tertinggi di Indonesia.

President Director PT Putragaya Wahana Alvin Gozali menjelaskan, pengembangan terbaru Thamrin Nine ini memiliki beberapa gedung pencakar langit, yaitu Pertama Autograph Tower, dengan ketinggian 385 meter.

“Auto Autograph Tower merupakan gedung tertinggi di Indonesia dan belahan bumi bagian selatan ini akan dilengkapi dengan perkantoran serta Menara Observasi dan Sky Garden yang dapat diakses publik, Hotel Bintang 6, dan Waldorf Astoria Hotel,” ujar Alvin dalam konferensi pers secara virtual yang ditulis, Kamis (24/12/2020).

Kedua, lanjut Alvin Gozali, Luminary Tower, gedung pencakar langit dengan ketinggian 300meter ini terdiri dari perkantoran yang dilengkapi dengan Pan Pacific Hotel, Park Royal Hotel, dan Park Royal Serviced Suites.

Ketiga, Retail Arcade atau podium penghubung antara kedua tower, lifestyle center yang dilengkapi berbagai fasilitas hiburan dan gaya hidup, seperti Amphitheater, Bioskop IMAX, restoran, bowling, billiard, dan lain-lain.

Kemudian keempat, Le Parc: The Mansion, The Townhomes, dan The Terraces Tower. Gedung ini mencakup hunian bertingkat sedang dengan konsep “Garden of Eden” yang memiliki fasilitas unik yaitu sebuah Taman Tengah bergaya Eropa asri nan cantic.

“Garden of Eden akan disejukkan oleh pendingin ruangan sepanjang hari serta dinaungi atap kaca megah yang dapat dibuka. Ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia,” kata Alvin.

Alvin Gozali menambahkan, sebagai pengembang pihaknya telah merancang dan membangun pengembangan baru ini dengan perhatian khusus pada kualitas.

Dari segi desain arsitektur, interior, serta lansekap yang dibuat oleh konsultan-konsultan terkemuka di Dunia. Begitu juga pemilihan finishing berkualitas tinggi dan fasilitas yang akan dihadirkan, semuanya dilakukan untuk memperkaya Kawasan CBD Jakarta.

“Melalui pengembangan kawasan Thamrin Nine, kami berupaya keras mewujudkan mempi menghantarkan citra Ibukota Indonesia sebagai Kota Metropolitan terkemuka di dunia,” tukasnya.

Dukung Pelaku UMKM Perluas Pangsa Pasar,Telkomsel dan Gojek Integrasikan Layanan Iklan Digital

Jakarta, 25 Januari 2021 – Telkomsel bersama Gojek terus memperkuat komitmen dalam mendorong pemberdayaan UMKM di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan yang tepat guna, menyusul kerja sama kedua perusahaan yang diumumkan tahun lalu. Kini, kedua perusahaan  berkolaborasi untuk  mengintegrasikan layanan Telkomsel MyAds dengan GoBiz, yang merupakan super app khusus mitra usaha Gojek.

Integrasi antara Telkomsel MyAds dengan GoBiz akan memungkinkan para mitra usaha Gojek untuk mengakses dan menggunakan berbagai layanan dari Telkomsel MyAds langsung dari aplikasi GoBiz. Hal tersebut memberi peluang baru bagi para mitra usaha Gojek untuk memperluas pangsa pasar tepat sasaran dan mengembangkan bisnis dengan menjangkau lebih banyak pelanggan baru yang  mengandalkan solusi iklan yang terarah dari Telkomsel MyAds.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, “Telkomsel merasa senang kolaborasi dengan Gojek dapat semakin erat. Kami pun semakin optimis dalam menatap penguatan kemitraan strategis ini karena melibatkan para pelaku UMKM yang menjadi aktor penting dalam mendorong pertumbuhan dan pemulihan ekonomi Indonesia, terlebih kita akan dihadapkan pada masa next normal. Oleh karena itu, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kami berupaya untuk membantu sektor UMKM dalam meningkatkan produktivitasnya dengan menjangkau konsumen yang lebih luas melalui layanan Telkomsel MyAds. Kami harap, kolaborasi antara MyAds dan GoBiz ini dapat membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi UMKM di Tanah Air, sekaligus membantu perekonomian negara untuk kembali tumbuh secara berkelanjutan.”

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, “Gojek terus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi, sejalan dengan program pemerintah membangkitkan UMKM Indonesia untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini kami wujudkan melalui inisiatif #MelajuBersamaGojek yang kami galakkan sejak pertengahan tahun 2020. GoBiz merupakan salah satu solusi komprehensif Gojek untuk memfasilitasi pelaku UMKM go-digital di masa pandemi. Kami percaya kolaborasi dengan Telkomsel melalui integrasi MyAds Telkomsel dan GoBiz akan membantu ratusan ribu pelaku UMKM di dalam ekosistem Gojek untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan potensi pengembangan bisnis mereka.”

Telkomsel MyAds adalah solusi bisnis yang memfasilitasi pelaku usaha dalam membuat, mengirimkan, dan memonitor kampanye iklan berbasis SMS, MMS, dan pesan pop-up secara mandiri. Telkomsel MyAds juga merupakan bagian dari Telkomsel DigiAds, solusi periklanan digital lengkap dengan tiga pilar produk utama, yaitu Messaging, Display, dan Rewards. Solusi yang ditawarkan oleh Telkomsel MyAds telah dipercaya oleh para pelaku bisnis, termasuk UMKM, di berbagai bidang usaha, mulai dari kuliner, otomotif, warung elektronik, hingga edukasi.

Adapun GoBiz merupakan super app yang diciptakan khusus bagi mitra usaha Gojek guna melengkapi solusi bisnis untuk UMKM di dalam ekosistem Gojek. Sejak tahun 2018, GoBiz telah menjadi andalan para mitra dalam memenuhi kebutuhan bisnis sehari-hari dan mendukung pengembangan usaha. Teknologi GoBiz memungkinkan para mitra UMKM untuk mengembangkan usahanya ke tahapan selanjutnya dan membantu operasional usaha sehari-hari.

Mitra UMKM Gojek dapat melakukan pengaturan promosi secara mandiri untuk menarik lebih banyak pelanggan, menyediakan pilihan metode pembayaran nontunai, melakukan pencatatan pesanan dan rekap otomatis seluruh transaksi dan manajemen usaha yang didukung laporan cepat terintegrasi dengan Point of Sale (POS.)

Saat ini, GoBiz telah bekerja sama dengan ratusan ribu mitra usaha Gojek di berbagai sektor termasuk sektor kuliner, ritel, dan lainnya, dan menghubungkan mitra usaha ke jutaan pengguna aplikasi Gojek di Indonesia.

Melalui integrasi ini, para mitra usaha Gojek dapat  mengakses layanan Telkomsel MyAds dari aplikasi GoBiz untuk membuat, mengirimkan, dan memonitor kampanye iklan usaha mereka. Sehingga, mereka dapat memperluas pangsa pasar dan mengembangkan bisnis dengan menjangkau lebih banyak pelanggan baru yang mengandalkan solusi iklan yang terarah dari Telkomsel MyAds.

Gandeng Bureau International Des Expositions,Kemendag Gelar Program Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pameran

Jakarta, 21 Januari 2021 – Kementerian Perdagangan RI bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Prancis dan Bureau International des Expositions (BIE) menyelenggarakan program pelatihan peningkatan kapasitas (capacity building) untuk negara anggota BIE yang dilaksanakan secara virtual pada 19—20 Januari 2021. Kegiatan diikuti sekitar 140 peserta yang merupakan para pemangku kepentingan terkait. Pada kegiatan tersebut dibahas seputar penyelenggaraan pameran internasional (expo).

“Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi inisiatif BIE dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Diharapkan, program ini dapat meningkatkan kesiapan setiap negara dalam mengikuti berbagai pameran internasional. Termasuk kesiapan Indonesia dalam mengikuti ajang berskala dunia Expo 2020 Dubai,” jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Kasan.

Menurut Kasan, Indonesia akan kembali berpartisipasi pada ajang Expo 2020 di Dubai dengan menempati lahan seluas 1.860 m2 yang terletak pada zona Opportunity. Dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan, partisipasi Indonesia di Expo 2020 Dubai diharapkan akan meningkatkan citra positif Indonesia di mata internasional yang tentunya akan berdampak terhadap peningkatan sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi.

“Sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, Expo 2020 Dubai ini juga akan menjadi hub untuk membangun jembatan ekonomi dengan negara-negara Timur Tengah dan Afrika sebagai negara berkembang,” tambah Kasan.

Beberapa topik menjadi bahasan dalam program pelatihan peningkatan kapasitas ini, di antaranya pengenalan BIE, proses penyelenggaraan pameran internasional, aspek komunikasi dan teknis keikutsertaan dalam pameran, serta peluang dan manfaat penyelenggaraan pameran internasional.

Tujuan dari program ini yaitu mendukung negara anggota BIE untuk memberikan pengetahuan tambahan dan pengetahuan teknis khusus mengenai partisipasi dalam pameran internasional dan penyelenggaraannya.

Selain itu, menurut Sekretaris Jenderal BIE Dimitri S. Kerkentzes, program pelatihan ini bertujuan untuk mendukung keterlibatan negara anggota dalam pameran internasional dan dalam memahami cara kerja BIE agar dapat berfungsi sebagai platform yang menarik dan efektif untuk kerja sama multilateral, diplomasi publik, dan pendidikan publik.

“Salah satu tujuan utama BIE adalah untuk mendampingi negara anggotanya dalam merencanakan paviliun pameran internasional yang efektif, bermanfaat, serta mampu menunjukkan yang terbaik dari setiap negara. BIE merasa bangga dapat bermitra dengan Indonesia untuk berbagi pengalaman, keahlian, dan untuk berkontribusi pada kesuksesan partisipasi Indonesia yang berkelanjutan, ” ujar Dimitri.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Nasir mengingatkan kepada seluruh peserta pelatihan untuk memanfaatkan kesempatan berbagi ilmu yang diberikan BIE, terutama agar Indonesia dapat memaksimalkan potensinya, baik sebagai peserta maupun sebagai penyelenggara pameran internasional di masa mendatang.

Sekilas Tentang BIE

BIE adalah organisasi antarpemerintah yang mewujudkan komitmen 169 negara anggotanya untuk memimpin, mempromosikan, dan membina pameran internasional, yang tujuan utamanya adalah pendidikan publik. BIE mengawasi empat jenis pameran internasional, yaitu pameran dunia, secara resmi dikenal sebagai pameran terdaftar internasional; pameran khusus, secara resmi dikenal sebagai pameran yang diakui internasional; pameran hortikultura; dan Triennale di Milano.

Indonesia pertama kali berpartisipasi dalam pameran internasional di World Expo 1970 di Osaka, Jepang. Sejak itu, Indonesia rutin berpartisipasi dalam world expo dan specialized expo. Untuk memperkuat keterlibatannya di pameran internasional, Indonesia bergabung dengan BIE pada 1997. Selama keikutsertaaan dalam berbagai pameran internasional, paviliun Indonesia telah mendapat dua penghargaan perunggu, yaitu untuk pengembangan konten di World Expo 2005 Aichi dan untuk desain di World Expo 2010 Shanghai.

Honda Brio Catat Prestasi Sebagai Model dengan Penjualan Tertinggi di Indonesia pada Tahun 2020

Jakarta, 19 Januari 2021 – PT Honda Prospect Motor menutup tahun 2020 dengan mencatat prestasi untuk Honda Brio sebagai model dengan penjualan tertinggi di antara semua merek di Indonesia pada tahun 2020. Sepanjang tahun lalu, Honda Brio mengumpulkan total penjualan sebanyak 43.021 unit di seluruh Indonesia.
Dengan masing-masing penjualan sebesar 31.713 dan 11.308 unit, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS sekaligus memberikan kontribusi hingga 54% dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjang tahun 2020 yang tercatat sebanyak 79.451 unit. Hingga akhir tahun 2020, Honda Brio Satya pun telah menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2%, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7% di segmen City Car.
Prestasi sebagai model terlaris di Indonesia ini juga merupakan yang pertama kalinya untuk Honda Brio semenjak diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2012. Dalam waktu 8 tahun sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit. Tak hanya untuk pasar dalam negeri, PT HPM juga telah melakukan ekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit di tahun 2020 lalu.
“Kami bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau.
Dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen di Indonesia di masa mendatang,” ungkap Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor.
Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director mengatakan menjelaskan bahwa pencapaian Honda Brio sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi. Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda.
“Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan yang meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama.
Namun terutama kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk semua konsumen yang telah mempercayakan Honda Brio sebagai mobil mereka. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik bagi setiap konsumen Honda di Indonesia,” papar Yusak Billy.
Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2012 sebagai model pertama Honda di segmen City Car. Satu tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 11 September 2013, memperkenalkan varian Honda Brio Satya yang merupakan produk Low Cost Green Car (LCGC) berkualitas tinggi dari Honda. Tak hanya ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, Honda Brio Satya juga didukung mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter dengan tenaga terbesar di kelasnya dan dilengkapi fitur keselamatan dengan standar tinggi.
Model ini juga sepenuhnya diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal yang ditingkatkan hingga mencapai 89%. Sebagai sebuah produk nasional, Brio Satya juga mengusung nama dan logo yang diciptakan khusus untuk Indonesia. Nama “Satya” sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “tulus” atau “setia”. Berbeda dengan produk Honda lainnya, Brio Satya juga menggunakan logo yang mengambil bentuk dari bunga melati, yang merupakan bunga nasional Indonesia.

Kredit Pintar: Solusi keuangan yang cepat dan tepat di masa pandemi

Sudah hampir satu tahun masa pandemi berlangsung, tapi masih belum ada tanda bahwa penyebaran virus mulai melambat. Bahkan semakin hari tinggal penularan makin tinggi, kondisi ini diperparah juga dengan berbagai macam pembatasan oleh pemerintah yang tentunya berpengaruh terhadap dunia bisnis.

Tapi walaupun begitu, kita tidak boleh menyerah begitu saja terhadap keadaan, karena ternyata masa pandemi ini justru menciptakan banyak peluang baru untuk Anda bisa memulai usaha. Peluang yang potensial bisa muncul di sektor pangan, pertanian, sektor digital, serta sektor herbal, seperti jamu dan minuman herbal lainnya.

Tentunya untuk memulai usaha atau bisnis apapun kita memerlukan modal uang, sekecil apapun nilainya. Masalahnya tidak semua Lembaga keuangan konvensional bisa memberikan pinjaman usaha kepada semua orang, apabila Anda memenuhi syarat pun belum tentu besaran nya akan disetujui oleh pihak Lembaga keuangan tersebut.

Tapi jangan khawatir, selama kita mau memutar otak dan berpikir dengan pintar akan ada saja solusi yang bisa temui. Dengan semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, melakukan peminjaman dana dan dilakukan di genggaman Anda. Kredit pintar (https://www.kreditpintar.com) adalah aplikasi pinjaman online yang bisa menjadi solusi bagi Anda dalam pemenuhan kebutuhan dana dengan fitur yang ramah pengguna, pengajuan yang mudah, pinjaman bunga rendah dan pinjaman online langsung cair dengan KTP.

Kredit pintar (https://www.kreditpintar.com) adalah produk dari PT Kredit Indonesia adalah perusahaan fintech (financial technology) yang memiliki visi untuk smeningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia melalui penyediaan akses yang mudah untuk mendapatkan pinjaman jangka pendek. Dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) terdepan, PT Kredit Indonesia ingin bekerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia.

Kredit pintar sebagai aplikasi pinjaman online juga bisa di manfaatkan selain untuk bisnis dan memulai usaha, mungkin saja Anda butuh untuk kebutuhan lain di masa pandemi? Bisa aja memanfaatkan pinjaman dengan bunga rendah dari kredit pintar. Dengan fitur-fitur unggalan seperti:

  • Proses aplikasi yang mudah, cepat dan langsung cair​
  • Aplikasi instan Tinggal click dan submit Verifikasi
  • Memastikan validitas, keamanan, dan kredibilitas
  • Pinjaman online langsung cair
  • Proses cepat cuma 5 menit!
  • Metode pembayaran yang fleksible Untuk memudahkan anda

Jadi ayo tetap semangat, pandemi bukan jadi alasan untuk berhenti berjuang dan berusaha. Mau memulai bisnis atau pun untuk kebutuhan lain demi bertahan di masa pandemi, Kredit pintar sebagai aplikasi pinjaman online terpercaya bisa menjadi solusi bagi Anda. Tetap sehat, tetap semangat, ayo jadi orang pintar! Klik ke https://www.kreditpintar.com   sekarang juga.