Jakarta, 23 Februari 2021—Berbekal pengalaman atas keberhasilan menyelenggarakan kompetisi berbasiskan Artificial Intelligence (AI), PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”)—salah satu entitas anak Metrodata Group yang fokus dibidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi bersama Intel kembali menyelenggarakan kompetisi bergengsi yaitu Indonesia Edge AI Challenge 2021 (“Edge.AI Challenge”), dimana kompetisi ini akan menyasar bagi perusahaan (korporasi) dan Independent Software Vendor (ISV) yang sudah menggunakan teknologi AI dalam aplikasi dan solusi yang dikembangkan dan siap dipasarkan.
Saat ini industri kreatif nasional harus mampu merebut pasar global, bersaing dengan negara-negara lain dan menjadi duta Indonesia di kancah internasional. Kecerdasan buatan (AI) memungkinkan bagi mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan dengan hal-hal baru dan melakukan pekerjaan yang dilakukan manusia.
Berdasarkan laporan IDC, Artificial Intelligence Global Adoption Trends & Strategies (IDC #US45120919), merangkum hasil survei global dari 2.473 organisasi yang menggunakan solusi kecerdasan buatan (AI) dalam operasi mereka. Oleh karenanya SMI bersama Intel ingin mengembangkan ekosistem ISV agar lebih berkembang dan lebih banyak Market Ready Solution di Indonesia.
“Tawaran menarik dari Intel untuk menyelenggarakan kompetisi Indonesia Edge AI Challenge 2021 ini sangat menantang. Kami akan fokus mencari mitra bisnis/ISV yang sudah memiliki solusi-solusi yang siap di pasar. Selain itu, kami harus terus berinovasi dan memberikan ide-ide baru yang berdampak dapat mengembangkan pasar dan tentunya ini juga berkat keberhasilan kami dalam menyelenggarakan Kompetisi OpenVINO Hackathon selama 2 tahun berturut-turut. Nilai tambah lainnya dari kompetisi ini adalah kami akan menawarkan kontrak kerjasama distribusi atas solusi terbaik mereka”, kata Lie Heng, Solution Business Director, PT Synnex Metrodata Indonesia.
“Kami mendorong perusahaan-perusahaan lokal dari Indonesia untuk memulai ekosistem teknologi untuk hadir dengan solusi AI-IOT inovasi mereka pada 10 kategori dalam EDGE AI. Intel dan SMI sangat bersemangat dalam kesempatan ini dapat bekerjasama dengan mereka untuk menampilkan teknologi AI-IOT Indonesia pada dunia”, kata Arunava Chakrabarty, Director, APJ Territory Channel Scale and Partners.
Dalam Indonesia Edge AI Challenge 2021 telah ditetapkan beberapa kategori yaitu AI Bots/Chat bots, Transportation – Logistics & Tracking, Emotion & Behavioral AI – Situational Monitoring, Financial, Asset & Operations Optimization, Healthcare AI – Human Wellness Monitoring, Consumer/Retail/AI Technology – Interactive Displays, Energy Monitoring & Management, Environment Monitoring, Control Optimization & Automation, Manufacturing – Machine Condition Monitoring, dan Product Inspection.
Kompetisi Indonesia Edge AI Challenge 2021 akan dibagi dalam 3 (tiga) tahap:
TAHAP 1. Pendaftaran akan dibuka sampai dengan tanggal 28 Februari 2021 (untuk semua korporasi yang memiliki solusi dengan teknologi apapun). Kemudian akan dipilih 10 (sepuluh) dari masing-masing kategori untuk penentuan 1 (satu) pemenang yang akan mendapatkan hadiah senilai Rp 10 juta/pemenang.
TAHAP 2. Pemenang dalam Tahap 1 mendapat kesempatan mengikuti pelatihan tentang ecosystem dan materi lainnya bersama Intel, serta diberi kesempatan untuk mengembangkan dengan menggunakan produk Intel.
TAHAP 3. Bagi pemenang yang mengikuti Tahap 2 mengirimkan proposal (sudah menggunakan produk Intel) dan akan dipilih 3 (tiga) pemenang terbaik dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai. Selain itu, pemenang juga akan mendapatkan pendampingan dalam memasarkan solusinya guna meningkatkan solusi mereka yang telah diverifikasi oleh Intel menjadi Market Ready Solution (MRS). Bagi korporasi/ISV yang berminat mengikuti Edge.AI Challenge dapat mendaftar melalui situs resmi https://edgeaichallenge.id/
SMI akan menyediakan hadiah dengan total nilai Rp 100 juta untuk 10 (sepuluh) kategori (pajak hadiah ditanggung oleh pemenang) dan berkesempatan mendapat bimbingan langsung dari para ahli untuk pengembangan produk mereka, serta dukungan dari sisi pemasaran. Selain itu, peserta juga akan mengikuti program ‘inkubasi’ guna memperluas solusi dan jangkauan pasar hingga ke seluruh dunia. Juridalam Edge.AI Challenge adalah juri yang kompeten dibidangnya, diantaranya dari Kantor Pusat Intel & SMI. Diharapkan Grand Final dapat diumumkan pada bulan September 2021.
Saat ini SMI memiliki pusat distribusi yang tersebar di 20 wilayah strategis di Indonesia meliputi 150+ kota dan 5.200+ channel partner didukung dengan tenaga penjualan dan logistik termasuk di dalamnya tim Technical Advisor dan Professional Engineers yang mampu memberikan solusi bagi mitra bisnisnya. SMI juga memastikan dapat memberikan ragam layanan produk dan solusi dengan kualitas kelas dunia.
Tentang PT Synnex Metrodata Indonesia
PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”) adalah perusahaan patungan (joint venture agreement) antara PT. Metrodata Electronics, Tbk (IDX: MTDL) dan Synnex Technology International Corp yang dibentuk pada awal tahun 2011. SMI fokus di bidang distribusi TIK dengan 2 (dua) lini bisnis yaitu Solusi dan Distribusi, dan bermitra dengan perusahaan TI kelas dunia. SMI memiliki tujuh sentra distribusi antara lain di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, dan Makassar serta didukung kantor logistic center and sales force yang tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Dengan layanan yang efisien dan efektif, serta didukung oleh dealer dan reseller, SMI siap melayani berbagai kebutuhan para pelanggannya. Informasi lengkap mengenai SMI, kunjungi www.synnexmetrodata.com.
Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:
Melani Dwi Nastiti
Public Relations Officer PT Metrodata Electronics Tbk Telp: (62-21) 29345 888 ext. 2008 Email: Melani.Nastiti@metrodata.co.id |
Yulinny Christina
Marketing Communications Manager PT Synnex Metrodata Indonesia Telp: (62-21) 29345800 ext. 6674 Email: Yulinny.Christina@metrodata.co.id www.synnexmetrodataindonesia.com
|