Garuda Indonesia Operasikan Cargo Lounge di Bandara Soetta

Jakarta, Beritapers – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bekerja sama dengan Angkasa Pura Kargo pada hari, Rabu (1/9) meresmikan Cargo Incoming Lounge yang merupakan fasilitas penyediaan layanan jasa pengambilan barang untuk layanan kargo Garuda Indonesia bertempat di terminal kargo Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.

 

Melalui fasilitas Cargo Incoming Lounge tersebut, pelanggan kargo Garuda Indonesia akan mendapatkan added value layanan kargo dan logistik berupa kemudahan dan kenyamanan aksesibilitas layanan pengambilan barang kargo untuk direct customer kargo Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta.

 

Selain itu, hadirnya Cargo Incoming Lounge ini juga menjadi wujud sinergitas bersama Garuda Indonesia dan Angkasa Pura Kargo dalam menghadirkan aksesibilitas layanan kargo yang terintegrasi bagi direct customer Garuda Indonesia. Adapun saat ini Cargo Incoming Lounge tersedia di dua lokasi yaitu di area CSC KSO Bandara Soekarno Hatta serta Area Jasa Perusahaan Titipan (JPT).

 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan hadirnya fasilitas layanan Cargo Incoming Lounge ini diharapkan dapat semakin mendekatkan touch point layanan kargo bagi seluruh pengguna jasa kargo Garuda Indonesia khususnya direct customer atau pemilik barang berupa penyediaan fasilitas one stop service pengambilan barang kargo yang aman, nyaman, cepat dan terpercaya.

 

“Sejalan dengan tren peningkatan jumlah kargo yang diangkut di setiap penerbangannya, Garuda Indonesia terus berupaya untuk mengoptimalkan kualitas layanan bisnis kargo melalui berbagai pengembangan infrastruktur layanan penerbangan kargo yang disinergikan bersama seluruh stakeholder penerbangan terkait. Dengan rata-rata trafik angkutan kargo sebesar 100 ribu ton yang dilayani Garuda Indonesia melalui bandara Internasional Soekarno Hatta setiap tahunnya, layanan ini kami harapkan akan semakin meningkatkan pangsa pasar pengiriman kargo melalui Bandara Soekarno Hatta yang saat ini menjadi salah satu hub terbesar pendistribusian kargo domestik Garuda Indonesia,” papar Irfan.

 

“Lebih lanjut, melalui fasilitas ini kami harapkan akan lebih dapat memberikan kemudahan dan ragam pilihan layanan penunjang kargo,  khususnya untuk  pengambilan barang kargo Garuda Indonesia di bandara Soekarno Hatta sehingga kedepannya kami harapkan tidak hanya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan jasa cargo Garuda Indonesia namun juga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional melalui dukungan percepatan pendistribusian logistik masuk dan keluar dari dan menuju Jakarta”, tambah Irfan.

 

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura Kargo, Gautsil Madani mengungkapkan bahwa kedepannya layanan cargo lounge akan tersebar di cabang lainnya. Prioritas kami terdekat di bandara-bandara besar seperti Kualanamu (Medan) , Pontianak, Pekanbaru dan  Palembang. “Untuk potensi pasar sendiri sangat bagus. Untuk Kargo Garuda sendiri bisa sebanyak 200 ton per bulan, dimana angka ini signifikan. Ini baru salah satu dari titik pelayanan kargo APK, masih ada lini lain yang bisa di ntegrasi,” tambah Gautsil.

 

Lebih lanjut, melalui kemitraan tersebut, kedepannya Garuda Indonesia dan Angkasa Pura Kargo sepakat untuk terus mengoptimalkan potensi bisnis layanan jasa kargo dengan mengembangkan kerja samanya melalui fasilitas yang aman dan nyaman khususnya kepada direct customer guna menunjang ekosistem bisnis logistik dan kargo yang lebih kompetitif.