Jakarta, 6 Juli 2021—Pertumbuhan digital dari waktu ke waktu memberikan hasil eksponensial untuk segi bisnis dan mendorong para pelaku bisnis menemukan cara yang lebih cerdas dalam
melakukan bisnis agar tetap relevan dan kompetitif.
Pada hari ini PT Mitra Integrasi Informatika (“MII”)—salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL) yang fokus dibidang Bisnis Solusi & Konsultasi menghadirkan KOMI (Konverter BI-FAST System MII) berkolaborasi dengan teknologi kelas dunia Software AG dan Red Hat dalam mendukung program yang di inisiasi oleh Bank Indonesia, yaitu BI-FAST Payment System. Hal ini didukung oleh teknologi yang membuka potensi perubahan fokus terhadap customer experience dan data analytics.
Solusi KOMI memiliki fungsi utama untuk menghubungkan BI-FAST Connector dengan Core Banking dan Channel (ATM, Teller, Internet Banking, Mobile Banking) dengan menggunakan messaging ISO 20022. Solusi KOMI diharapkan dapat membantu pelaku bisnis terhadap transformasi digital guna mengidentifikasi peluang menuju perubahan positif, serta mengembangkan roadmap bisnis inti Perusahaan. Berpengalaman lebih dari 24 tahun, MII hadir
memberikan solusi teknologi sesuai dengan perkembangan bisnis yang ada berlandaskan pilar Digital Business Platform. Salah satunya adalah Integration & API, di mana MII hadir dengan
solusi integrasi yang sudah diterapkan di industri perbankan di Indonesia.
Berkolaborasi bersama salah satu platform teknologi kelas dunia, yaitu Software AG, MII berhasil menerapkan “Digitalizing Microfinance in Indonesia” di salah satu industri perbankan nasional terbesar di Indonesia, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (“Bank BRI”). Bank BRI fokus pada micro banking yang menyediakan layanan keuangan untuk usaha kecil dan individu di seluruh Indonesia. Bank BRI memiliki 9.000 cabang bank fisik dan jaringan lebih dari 500.000 agen “tanpa cabang” hyperlocal yang melayani lebih dari 100.000.000 pelanggan. Sebagai bank terbesar
tentunya diperlukan sebuah sistem integrator dengan platform integrasi tunggal yang fleksibel, aplikasi yang sangat tangguh dengan waktu henti minimal, orkestrasi transaksi yang kuat untuk
menghubungkan beberapa sistem back-end, dan waktu pemasaran yang lebih cepat untuk layanan dan API baru.1 Solusi yang berhasil diterapkan Bank BRI di antaranya Payment Gateway (Unified Bill Payment), Virtual Account, dan Smart Virtual Account. MII dalam mendukung program Pemerintah ke arah open API2, hadir dengan paket solusi implementasi Integration Pack yang di dalamnya terdapat solusi integrasi baik dari sisi Middleware maupun Application Programming Interface (API). Mengerti akan kebutuhan setiap lini bisnis yang bermacam-macam, MII hadir dengan beberapa segmen solusi, di antaranya API Starter Pack, API Basic Pack, API Advanced Pack, dan API Enterprise Pack.
“Oleh karena itu, dengan adanya disrupsi digital terutama di sektor perbankan, maka Perusahaan di industri terkait (bank, asuransi, muti-finance) mulai berinovasi dan berupaya mengadopsi
transformasi digital. Organisasi akan selalu ada drive, bahkan untuk bisnis melalui inovasi yang melahirkan layanan/produk. Berbicara mengenai adopsi technology, people, dan process merupakan basic management transformasi digital untuk berinovasi, yang akan menghasilkan produk baru agar lebih cepat di luncurkan ke pelanggan. Serta, sebagai kunci bagi organisasi untuk dapat berhasil mengadopsi digital transofrmasi,” ujar Hamdani Arif, Digital Solution Head PT Mitra Integrasi Informatika.
Sebagai perusahaan Digital Solution Provider, MII memiliki 150 Software AG web Methods Developer, dan lebih dari 25 Profesional Technical Consultant yang tersertifikasi dan akan terus bertambah sesuai kebutuhan pasar yang semakin berkembang. MII didukung penuh implementasi berdasarkan industry best practice, berpengalaman luas dan memiliki tim yang fokus implementasi di industri keuangan, tingkat kemitraan yang tinggi dengan berbagai
penyedia teknologi dunia, mitra resmi penyedia pelatihan solusi-solusi teknologi TI, dan memiliki sertifikasi ISO 9001:2015 & ISO/IEC 27001:2013. Diharapkan ke depan MII akan terus memberikan solusi lengkap dalam membantu transformasi digital.
1 https://www.softwareag.com/en_corporate/customers/customer-stories/bank-rakyat-indonesia.html
2 https://www.bi.go.id/id/publikasi/kajian/Pages/Standar-Open-API-dan-Interlink-Bank-dengan-Fintechbagi-Penyelenggara-Jasa-Sistem-Pembayaran.aspx
Tentang PT Mitra Integrasi Informatika
PT Mitra Integrasi Informatika (“MII”) didirikan tanggal 1 Maret 1996 yang merupakan salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics, Tbk (IDX: MTDL). Sebagai perusahaan Digital Solution Provider, MII menawarkan jasa layanan yang fokus dibidang Cloud Services; Business Application; Digital Business Platform; Big Data & Analytics; Security; Hybrid IT Infrastructure; Consulting & Advisory Services; and Managed Services. Berdasarkan praktik industri terbaik dan menerapkan standar mutu internasional ISO 9001:2015 dan ISO/IEC 27001:2013. Termasuk membangun strategik aliansi dengan mitra bisnis teknologi nasional, regional dan dunia. Informasi lengkap, kunjungi www.mii.co.id
Untuk informasi lengkap, silahkan hubungi:
Melani Dwi Nastiti
Public Relations
PT Metrodata Electronics Tbk
Email: melani.nastiti@metrodata.co.id
www.metrodata.co.id
Yuliana Prawitasari
Product Marketing Manager
PT Mitra Integrasi Informatika
Email: yuliana.prawitasari @mii.co.id
www.mii.co.id