Tokopedia Rilis Tren Transaksi Kuartal III 2020

  • Lima kategori favorit di Tokopedia sepanjang Juli-September 2020 meliputi Makanan dan Minuman, Kesehatan, Keperluan Rumah Tangga, Elektronik, Handphone dan Tablet.
  • Work From Home (WFH) dan School From Home (SFH) memicu kenaikan signifikan pada transaksi di kategori Komputer dan Laptop, serta Buku.
  • Kategori Kecantikan dan Fashion tetap diminati selama pandemi.

Indonesia – Belanja daring saat ini masih menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai, sekaligus mendorong pegiat usaha di Indonesia – khususnya UMKM – untuk terus beroperasi. Tokopedia pun mengumumkan tren transaksi jual-beli online di platformnya sepanjang kuartal III 2020.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, “Kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik dan Handphone & Tablet menjadi lima kategori paling populer selama periode Juli hingga September 2020.”

Belanja Sembako Online Jadi Tren Pandemi

Pada kategori Makanan dan Minuman, penjualan meningkat hampir 3 kali lipat selama pandemi. “Produk sembako seperti telur dan ikan, mie instan, teh, madu dan kopi lokal menjadi produk yang paling laris,” tambah Nuraini.

Masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah juga mendorong peningkatan pada kategori Rumah Tangga yang mencapai lebih dari 2 kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi. Tempat sepatu dan sandal, pengharum ruangan dan bantal tidur menjadi produk yang paling digemari.

Pada kategori Elektronik, produk seperti bohlam pintar, earphone, antena dan receiver TV menjadi produk yang paling laris. Sementara pada kategori Handphone & Tablet, penyangga dan tripod untuk telepon seluler, powerbank serta kabel data merupakan produk yang paling banyak dicari.

Kategori Kesehatan di sisi lain juga mengalami peningkatan hampir 2,5 kali lipat dibandingkan dengan periode sebelumnya. Masker dan face shield masih menjadi produk kesehatan yang paling dicari masyarakat.

WFH dan SFH Picu Kenaikan Transaksi Signifikan di Kategori Buku, Komputer dan Laptop

Situasi pandemi saat ini mendorong masyarakat untuk tetap melaksanakan aktivitas baik bekerja maupun sekolah dari rumah. Hal ini memicu peningkatan transaksi pada kategori Komputer dan LaptopWifi extender, meja laptop, mouse, webcam dan headset tercatat sebagai produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat selama kuartal III 2020.

Keadaan pandemi di sisi lain mendorong masyarakat lebih banyak membaca selama di rumah. Pada kategori Buku, buku tentang pengembangan diri, pendidikan, religi dan buku fiksi menjadi produk yang paling populer.

Kegiatan berolahraga juga menjadi salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh masyarakat selama pandemi. “Bersepeda, yoga dan pilates, bermain sepatu roda dan skateboard, golf serta tenis meja merupakan lima aktivitas olahraga yang memicu kenaikan signifikan pada penjualan produk di kategori Olahraga selama kuartal III 2020,” tambah Nuraini.

Kategori Kecantikan dan Fashion Tetap Diminati Selama Pandemi

Kesadaran masyarakat untuk tetap merawat diri walau di tengah pandemi mendorong adanya peningkatan pada kategori Perawatan Tubuh yang mencapai lebih dari 2 kali lipat.

Selain itu, pada kategori Kecantikan, serum wajah lokal, krim dan pembersih wajah menjadi produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Salah satu pegiat usaha lokal yang menghadirkan beragam produk perawatan wajah, Aubree Skin, mengalami kenaikan transaksi lebih dari 10 kali lipat selama periode Juli-September 2020.

Pada kategori Fashion Pria dan Wanita, kaos, celana pendek, aksesoris kacamata, jam tangan, baju tidur dan pakaian dalam menjadi yang paling populer. Sementara pada kategori Fashion Muslim, perlengkapan ibadah, jilbab dan gamis menjadi produk yang paling laris.

“Kunci menghadapi pandemi adalah tetap beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi. Tokopedia dalam hal ini berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa, melalui kolaborasi dengan para mitra strategis, untuk mempermudah masyarakat menemukan apa pun yang dibutuhkan kapan pun, hingga menciptakan peluang,” tutup Nuraini.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Kontak Media

Tim PR Tokopedia | pr@tokopedia.com