Jakarta – Dalam era “Tatanan Kehidupan Baru” atau era “New Normal” yang ditandai dengan berbagai perubahan yang besar dan mendasar – agar mampu bertahan dan tetap kompetitif dalam persaingan bisnis dan industri – maka tidak ada pilihan lain setiap perusahaan harus mengembangkan dan menerapkan cara, pola, sikap, perilaku, dan kultur kerja baru; disamping mengimplementasikan “Prosedur dan Protokol Kesehatan” secara disiplin.
Terlebih lagi bagi PT Hotel Indonesia Natour (Persero)/HIN yang bergerak di bidang perhotelan dan hospitality, dimana karyawan banyak berhubungan dengan tamu dan pelanggan melalui berbagai “touch points”, sehingga setiap hal yang dilakukan karyawan akan berpengaruh terhadap “brand” dan kualitas pelayanan HIN secara keseluruhan.
Sebagai bagian dari upaya untuk terus mengembangkan nilai-nilai pelayanan yang dikaitkan dengan core values/budaya kerja BUMN, “AKHLAK” (yang mengandung nilai-nilai : amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif), HIN baru-baru ini melaksanakan webinar bertema “Uplifting corporate brand personalities” yang mengulas keterkaitan budaya kerja “AKHLAK” dengan corporate culture and brand service personalities HIN, “CARES”.
Sebagai core values BUMN, “AKHLAK” juga harus menjadi values dan budaya kerja bagi setiap BUMN. Dalam kaitan ini, maka HIN mempunyai tanggung jawab untuk melakukan internalisasi core values AKHLAK agar dapat diimplementasikan oleh seluruh insan HIN.
Dalam webinar yang diikuti karyawan HIN yang berada di berbagai kota tersebut, direktur utama HIN, Iswandi Said sebagai pembicara utama menggambarkan betapa “corporate culture and brand service personalities HIN” yang mengandung nilai-nilai : compassionate, agile, reliable, elegant, dan sincere sangat “match” – sangat sesuai, relevan, dan berkaitan erat dengan nilai-nilai dan budaya kerja BUMN, AKHLAK.
Kegiatan webinar yang dilaksanakan sebagai series kegiatan dan akan berlangsung hingga bulan November tersebut, dimaksudkan untuk memperbarui dan meningkatkan skill serta kompetensi para karyawan dalam menyambut era Tatanan Kehidupan Baru, serta dalam kaitan dengan langkah pembentukan Holding Hotel BUMN.
Sesuai yang telah ditetapkan Kementrian BUMN, saat ini HIN fokus melaksanakan proses pembentukan “Holding Hotel BUMN”, dimana bersama hotel milik BUMN lain (terdapat 22 hotel) yang akan dikembangkan menjadi “National Hotel Chain” – jaringan hotel nasional berstandar internasional yang mengedepankan layanan dengan kepribadian khas Indonesia – yang diharapkan akan terbentuk pada akhir tahun 2020.
Melalui Holding Hotel BUMN tersebut, “National Hotel Chain” akan dikembangkan menjadi “global player” – jaringan hotel yang kompetitif, yang memiliki produk dan image serta reputasi yang lebih baik, market share yang lebih besar, lebih adaptif dan sustainable – sehingga akan mampu bersaing dengan jaringan hotel lain baik di dalam maupun di luar negeri.