Kopi Celup Bangflo, Inovasi Baru Ngopi dan Cinta Lingkungan

Pecinta kopi kini bisa merasakan sensasi baru ngopi dengan cara yang berbeda lewat Kopi Celup edible pack dari rumput laut.

Kopi celup alias Kecup edible pack dari rumput laut ini diluncurkan Kedai Kopi Bangflo (Banggain Flores).

Owner Kopi Bangflo Handrianus Yovin Karwayu mengatakan inovasi ini dibuat kedainya sebagai bentuk bukti cinta lingkungan yang mana produk ini dibuat untuk mengurangi sampah plastik kemasan kopi.

Berbeda dengan teh celup, Kecup ini langsung larut saat diseduh dengan air panas sehingga tidak meninggal sampah celupan bekas pakai.

“Kecup Bangflo ini adalah produk kopi celup dengan kemasan ramah lingkungan dari rumput laut sehingga sekarang minum kopi gak perlu nyampah lagi. Kami ingin ikut bersama mengurangi sampah plastik,” ujar pria asal Maumere, Flores NTT tersebut.

Jenis kopinya juga berbeda dengan kopi kemasan lainnya loh. Kecup Bangflo ini diproduksi dalam dua varian yaitu Kopi Single Origin Flores dan 3in1 mix Kopi, Susu, dan Gula Lontar dari Kupang.

Kopi celup ini adalah hasil kerja sama Kedai Kopi Bangflo dengan Dosen Peneliti Unika Atma Jaya Jakarta Dr.Noryawati pada 2018.

Hasil penelitian tersebut membuktikan kemasan murni dari rumput laut aman untuk dikonsumsi dan mudah larut dalam air panas. Cukup 3 menit mengaduk, Kopi Celup Bangflo siap dinikmati.

Inovasi Kopi Celup Bangflo ini sudah mendunia. Terbukti Kecup Bangflo menjadi salah satu produk cinderamata pada kegiatan Indonesia Coffee Event di Tashkent, Uzbekistan dan Afrika Big 7 pada 2019 di Johannesburg Afrika Selatan.

Yovin berencana memproduksi Kecup Bangflo ini dalam jumlah besar setelah melihat antusiasme para penikmat kopi di dua negara tersebut.

Dia menargetkan pasar Kecup Bangflo ke hotel-hotel tanah air, industri wisata, dan diekspor ke mancanegara.

“Tantangan yang sekarang dihadapi adalah pengadaan mesin produksi instan kopi. Supply bahan baku kami sangat cukup, pasar pun sangat besar,” tambah Yovin.

Rasa unik Kecup Bangflo perpaduan rumput laut dan kopi Flores ini tentu membuat penasaran para pecinta kopi.

Bagi yang ingin mencoba bisa langsung datang mengunjungi Kedai kopi Bangflo di Erlangga, kawasan Senopati Jaksel, Bangflo Ranch Market Pesanggrahan, Bangflo Grebe Lippo Mall Puri dan Bangflo Atma Jaya Semanggi.

Pemesanan bisa juga melalui marketplace di Tokopedia dan Shopee.

“Kami sudah menjual Kecup Bangflo secara online dan orderan khusus dari komunitas, pemerintah dan kampus secara berkala,” pungkas Yovin.